Home / Sains / Timbulnya Asap Karena Efek Rumah Kaca?

Timbulnya Asap Karena Efek Rumah Kaca?

Sebelum mulai, mari bersama-sama menyanyikan sebuah lagu dari Efek Rumah Kaca yang Judulnya Efek Rumah kaca.

Tipis ozon berlubang
Debu kosmik hujan asam
Matahari tiada tirai

Bakal bunga tak mekar
Daun-daun berlubang
Tak berputar energi

Wajah bumi menangis
Sedang kita tak mengerti

Kita akan terbakar
Kita akan wariskan
Untuk anak dan cucu kita

 

terjadinya efek rumah kaca
terjadinya efek rumah kaca

Greenhouse Effect

Efek rumah kaca, tentunya sudah sering kali terdengar ditelinga kita. Sebenarnya apa itu efek rumah kaca? Efek rumah kaca atau yang dikenal dengan istilah (greenhouse effect) adalah suatu kondisi pemanasan permukaan planet dan satelit alami atau benda langit yang penyebab utamanya adalah komposisi dari planet atau satelit tersebut. Semua planet yang memiliki atmosfer seperti venus, mars, dan planet lainnya ada juga beberapa satelit seperti titan memiliki efek rumah kacanya masing dengan konsentrasinya masing-masing. Seperti yang kita ketahui efek rumah kaca yang paling mengerikan adalah yang terjadi pada planet venus. ERK (efek rumah kaca) yang terjadi di venus sampai-sampai bisa men-distorsikan pengelihatan, karena udara disana sangat tertekan karena konsentrasi atmosvernya yang berat. (sumber: COSMOS karya Carl Segan)

Penyebab

ERK sendiri sering dikaitkan dengan pemanasan global atau yang bertanggung jawab penyebab terjadinya pemanasan global. ERK sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yang pertama adalah efek rumah kaca secara alami dan terjadi karena perbuatan manusia. Adapun secara alami adalah ERK yang ditimbulkan oleh atmosfir planet itu sendiri dan tanpa campur tangan manusia. Sedangkan karena perbuatan manusia ditimbulkan oleh perbuatan manusia itu sendiri seperti pembakaran bahan bakar fosil, penebangan hutan, pembakaran hutan, pembakaran batubara dan masih bnyak lagi. Semua itu menyebabkan tingakat konsentrasi gas CO2 diudara meningkat, lalu gas tersebut akan mengebalikan panas yang dipancarkan oleh matahari lebih banyak lagi dan lagi. Lalu mengapa penebangan hutan termasuk dalang dari penyebab efek rumah kaca? Karena tumbuhan adalah “penyelamat” atau yang bertugas mengurangi konsentrasi dari gas CO2 tersebut, nah jika jumlah hutan berkurang, jumlah CO2 diudara akan tidak sesuai dengan kemampuan tumbuhan menyerap gas tersebut, bisa dikatakan produksi CO2 tidak sesuai dengan pengolahan CO2 yang dilakukan oleh tumbuhan. Mengapa bisa menjadi tambah panas? Karena panas dari sinar matahari yang berupa infrared dipantulkan kembali oleh awan dan permukaan bumi sebagian besar tertahan oleh awan dan gas CO2 lalu dikembalikan lagi ke permukaan bumi. Secara normal efek rumah kaca juga sangat diperlukan oleh bumi, efeknya adalah agar perbedaan suhu siang dan malam tidak jauh berbeda, dan efek rumah kaca inilah yang nantinya akan menggerakkan angin.

Efek atau Akibat dari Efek Rumah Kaca

Banyak orang yang sudah berteriak lantang  tentang bahayanya efek rumah kaca ini. Akibatnya memang tidak terlalu terasa, kecuali ketika kebakaran hutan beberapa waktu yang lalu. Kebakaran hutan adalah salah satu dampak dari efek rumah kaca, karena makin panas suatu suhu, maka semakin mudah tumbuhan kering terbakar. Efek lain adalah timbulnya badai atau cuaca extrim yang juga beberapa waktu lalu menerjang Filipina. Selain itu ekosistem bumi juga terganggu, pemanasan atau peningkatan suhu akan menyebabkan es mencair, dan mencairnya es menambah parah dari efek tersebut. Mengapa demikian? karena es adalah satu-satunya benda dipermukaan bumi yang berwarna putih. Warna putih sendiri sangat berguna untuk memantulkan radiasi yang dipancarkan ke luar angkasa, namun jika jumlah permukaan es berkurang, maka secara langsung pemantulan dari permukaan bumi berkurang juga. Sedangkan permukaan laut yang berwarna gelap akan semakin meningkat, dan warna gelap sendiri sangat baik untuk menyerap panas, dan tentunya akan memperburuk keadaan. Efeknya es mencair selain dari pemantulan berkurang, pastinya beberapa pulau kecil di negara kepulauan akan tenggelam pula.

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

Meteor Hancur Sedangkan Pesawat Angkasa Tidak Ketika Masuk Lapisan Atmosfer Bumi

Pendahuluan Sebenarnya males banget mau nulis, terbukti selama ini udah 1 tahun berjalan post tetap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *