Home / Aplikasi / Telegram Aplikasi Alternatif WhatsAPP

Telegram Aplikasi Alternatif WhatsAPP

Pendahuluan

Halo, Sakarang ini sedang jamannya teknologi, termasuk teknologi untuk berkomunikasi. Sebelum teknologi komunikasi menjadi secanggih sekarang dahulu orang menggunakan teknologi sederhana untuk berkomunikasi yang kita kenal dengan telegram. Telegram pada jaman dahulu berkomunikasi lewat nada pendek dan panjang yang dikenal dengan istilah kode morse.

Sekarang ini banyak orang menggunakan aplikasi pengirim pesan via internet, seperti Line, WhatsAPP, BBM, Vibe, dan masih banyak lagi. Namun ada 1 aplikasi yang jarang penggunanya khususnya di Indonesia. Para pengguna aplikasi messenger di Indonesia lebih memilih menggunakan aplikasi Line, WhatsAPP, dan BBM mungkin karena penggunaannya yang lebih luas. Beberapa aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sebagai contoh BBM sangat baik dalam mengirim pesan dan kini sudah menjadi cross platform yang bisa digunakan dibeberapa Sistem Operasi seperti Android, microsoft, dan i-OS. Namun BBM tidak bisa digunakan untuk penggunaan PC. Kalupun bisa, pengguna harus melakukan modifikasi virtual untuk menjalankan BBM tersebut. Lalu muncullah Line yang menjawab kelemahan tersebut, line hadir dengan fitur yang tidak biasa, yaitu line stiker sebagai pengganti emoticon . dan juga line menyediakan versi line desktop yang bisa digunakan untuk PC.Namun disisi lain line memiliki kelemahan yang Saya kira cukup parah, yaitu ketika Anda menggunakan dijaringan EDGE pesan akan sangat sukar terkirim, belum lagi iklan dari Line Official yang sangat menganggu, dan masih banyak lagi masalah terlebih untuk spaming permintaan Line games. WhatsAPP memiliki keunggulan yang lainnya, banyak pilihan emoticon, bisa digunakan di komputer desktop namun sedikit merepotkan, kecepatan pengiriman pesan yang baik. Namun yang sangat disayangkan aplikasi ini hanya gratis untuk 1 tahun penggunaan, setelah itu Anda akan dituntut untuk membayar, belum lagi masalah server down hingga berjam-jam biasanya ditandai dengan pesan yang tidak kunjung terkirim.

Telegram Hadir Menjawab

Dari semua kelemahan itu telegram hadir menjawab semua kelemahan mereka dengan fitur-fitur yang mirip dengan aplikasi messenger sejenis. Telegram sendiri dibuat oleh VKontakte atau yang kita kenal dengan http://vk.com yang merupakan media sosial terbesar dinegaranya Russia. Telegram sendiri merupakan aplikasi messenger yang menggabungkan kecepatan WhatsAPP dan keamanan tingkat tinggi. Beberapa review yang saya kutip dari http://www.theverge.com menyebutkan bahwa “Telegram is a messaging service combining the speed of WhatsApp with Snapchat’s ephemerality and advanced new security measures”.

telgram1
Screnshoot 1
telegram 2
Screenshoot 2

Fitur yang ada pada telegram sangatlah mirip dengan WhatsAPP Anda bisa melihatnya sendiri pada gambar  di samping yang Saya ambil dari situs http://www.theverge.com. Anda bisa melihat beberapa kemiripan bahkan sama seperti aplikasi messengger WhatsAPP seperti fitur double centang, custom photo background, status tersedia atau sibuk, lokasi Anda, mengirim foto, mengirim video, kontak. Namun selama menggunakan telegram (telegram desktop) Saya merasa aplikasi ini lebih cepat dari WhatsAPP. Yang Saya pribadi sukai dari aplikasi ini adalah menyediakan berbagai versi, mulai dari versi HP, desktop PC/MAC/Linux, dan yang paling jarang adalah versi web browser. Jadi jika Anda malas mengunduh aplikasinya, Anda bisa menggunakan versi web browsernya. Selain itu tampilannya juga dinamis, ketika Anda mengecilkan browser, maka secara otomatis akan ada pop up yang menanyakan “apakah Anda akan mengganti tampilan ke mode hand phone fitur seperti ini sangatlah jarang sekali ada pada aplikasi sejenis yang selama ini Saya kenal.

Web mode pada telegram
Web mode pada telegram

Sangat menarik bukan, tidak hanya itu telegram sangat ramah sekali kepada Anda yang benci iklan, karena aplikasi ini “TIDAK MENJUAL” iklan sama sekali, tidak ada notifikasi harus install aplikasi ini dan itu. Selain kecepatannya dan keamanan bahkan orang-orang mengatakan Telegram merupakan aplikasi messenger paling aman. Bahkan Anda bisa menciptakan telegram untuk Perusahaan Anda sendiri. Mereka menyediakan source codenya secara gratis silahkan cek di https://telegram.org/apps. Saya secara pribadi sangat merekomendasikan aplikasi ini, dan Saya pribadi menilai aplikasi ini sudah mengalahkan WhatsAPP secara keseluruhan, namun yang disayangkan aplikasi ini keluar belakangan. Peluncuran aplikasi ini terhitung pada tahun 2013 bulan Agustus, sedangkan WhatsAPP terhitung pada tahun 2010 bulan januari. Walau bagaimanapun tetaplah yang paling belakang adalah yang meniru. Secara penampilan dan fitur telegram sangat meniru aplikasi pendahulunya WhatsAPP.

Kesimpulan

Jadi, secara keseluruhan aplikasi Telegram merupakan aplikasi wajib untuk pengguna HP jika tidak ingin mengunakan WhatsAPP ataupun Anda yang ingin menggunakan banyak versi seperti versi desktop, hp, dan browser Saya rasa aplikasi ini sangat cocok. Terlebih Anda tidak memiliki Smart Phone seperti Saya. Jika ingin mendownload aplikasi telegram, silahkan kunjungi web official telegram.

Sekian dari Saya, semoga bermanffat untuk pembaca sekalian. 😀

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

minion hahaha

Firefox vs Chrome: Mana yang Terbaik?

Ketika ditanya manakah browser yang terbaik? Maka si “A” akan menjawab “firefox” lalu si “B” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *