Home / Cerita Pengalaman / Pengalaman Pertama Membuat Pesawat RC Dari Polyfoam

Pengalaman Pertama Membuat Pesawat RC Dari Polyfoam

terbang-1

PERHATIAN, KALIMAT DIBAWAH INI TIDAK MENGACU PADA EYD(ejaan yang disempurnakan) JADI MOHON MAAF JIKA ADA PENULISAN KATA ATAU MAKNA YANG SALAH

Halo, kali ini saya akan cerita lagi deh. Pengalaman pertama membuat pesawat RC dari polyfoam.Susah – susah gampang sih. Kala itu hari minggu saya lupa tanggalanya kapan, yg pasti 2015 XD. Nah waktu itu saya datang ke salah satu komunitas aero modeling di Surabaya. Namnya Royal Aeromodeling Club disingkat RAC. Sebelum bertemu RAC saya pertama kali datang ke toko surabaya hobby. Disana saya bertemu dengan Pak Joko dan Mas Afit Hidayat, nah dari sana saya ngomong blak-blakan minta diajarin cara buat pesawat dari gabus ataupun polyfoam. Namun ya tau sendiri lah, gimana hasilnya, pasti gak mau, dan saya diarahkan oleh mas afit hidayat untuk mendatangi Pak Ipung. Nah hari itu juga saya SMS pak Ipung. Singkat cerita Pak ipung menyuruh saya untuk datang ke Royal Residence di daerah wiyung surabaya barat. Nah waktu pertama kali bertemu langsung suruh makan-makan, rupanya ada acara tahunan RAC untuk penggantian ketua yang sebelumnya diketuai oleh Pak Bambang.

sharing-dengan-pak-ipungIni dia gambarnya bersama rekan-rekan dari RAC Surabaya. Paling kanan adalah pak ipung. Pak ipung sudah main pesawat sejak tahun 80 an, dari pesawat yang diputar menggunakan tali sampai pesawat yang menggunakan EDF (Electric Dutch Fan). Pak ipung ini master dan sepuh di RAC kemampuannya adalah specialis modeling dari kayu balsa.

Setelah bertemu mulailah saya sering datang dan bertanya-tanya tentang pesawat RC, mulai dari peralatan sampai modeling. Bahkan disana juga dibahas hal-hal yang sepele namun sangat berpengaruh, contohnya adalah airfoil. Air foil adalah bentuk atau shape dari potongan melintang atau vertical dari suatu sayap yang berfungsi untuk menjadikan daya angkat sebuah pesawat terbang. Cara kerjanya adalah angin yang menerpa airfoil akan terbagi menjadi 2 bagian, dimana aliran angin yang melaju pada bagian atas akan mengalami percepatan dan menempuh jarak yang lebih jauh dari aliran angin yang melaju pada bagian bawah sayap. Akibat dari proses tersebut, maka terjadilah perbedaan tekanan antara bagian atas dan bagian bawah, dimana angin yang menempuh bagian bawah sayap lebih besar tekanannya dibanding pada bagian atas sayap. (K.Naresh.2012.Hal 7 ; Dansie Jhon hal 43). Namun biarpun demikian Pak ipung menjelaskan juga ada beberapa pesawat RC yang menggunakan sayap flat atau tanpa airfoil, ada beberapa airfoil yang dibuat rata (khusus pesawat RC) yang dinamakan KFM (cari sendiri ya apa itu KFM).

Setelah bebagai pembicaraan mulai dari Airfoil sampai fuslage. Fuslage adalah main body atau bodi utama dari sebuah pesawat. Dalam pesawat RC sendiri fuslage bisa terbuat dari polifoam ataupun kayu balsa, bahkan beberapa orang di RAC sendiri menggunakan kayu triplek setebal 5 mm. Jika anda mencari pesawat rc di utube, maka anda akan menemukan pembuatan pesawat rc menggunakan plat besi, namun jelas mesinnya berbeda dengan yang saya gunakan.[ad id=”2871″]

Lalu setelah sering datang ke TKP mulai lah pngin bikin, tapo orang-orang RAC nyuruh saya bikin pesawat trainer dulu, ya maklum lah kan saya pemula belom pernah terbang sebelumnya jadinya suruh make trainer terlebih dahulu. But biarpun saya disuruh main pesawat trainer terlebih dahulu saya menolak, saya pinginnya main pesawat jet, ahaha soale lebih kerennn, lebih gagah. Soale saya punya desainnya sendiri untuk pesawat jet itu.

Tetap pada pendirian saya tetap merancang sendiri pesawat jet yang saya inginkan. mulai lah mencoba membuat tipe pesawat F15, wih rasanya susah-susah gimana. Perlu 5 hari untuk membuatnya maklum lah pemula, soale kalo ngasihkan ke orang mahal, waktu itu saya ditawarin 1.1 juta bisa terbang, nah masalahanya saya gak mau ngeluarin segitu. Pertama-tama kalo mau membuat pesawat rc harus punya pesawatnya, ahaha bencanda. ok serius, jika mau main pesawat rc pertama tama beli remotnya dulu, cari aja di toko aeromodeling atau bisa juga di tokopedia, bukalapak juga boleh. Baru beli yang lainnya.

Ada beberapa jenis pesawat RC, jika mau membuat pesawat rc jenis jet, saya sarankan beli dinamo dengan kekuatan 2200 KV dan ESC sebesar 40 Ampere, soale begini saya dulu salah beli, kok bisa? iya namnya juga gak tau. Saya beli dinamo dengan kekuatan 1450 KV dan esc sebesar 30 ampere. oh iya baterai juga jangan lupa. Saya kemarin juga salah beli baterai, peratama kali beli saya beli baterai dengan kapasitas 1000 mAh maka dari itu kemarin saya beli lagi deh dengan kapasitas 2200 mAh. Jangan sampai teman-teman salah beli seperti saya.

Lanjut, pertama nerbangin itu pesawat jatoh se jatoh-jatohnya dan hancur, karena saya pusing, kesal saya injak tu pesawat. ahaha jangan ditiru ya “dont try at home” sayang saya gak punya fotonya, lagian kesalahan saya juga sih make dinamo kecil dengan pesawat sebesar itu kira-kira 100cm x 80 cm,kan gede dan beratnya dugaan saya itu nyampe 500 gram, berat banget itu. Setelah itu gagal bikin lagi, namun dengan mengantongi kesalahan yang ada maka saya pede untuk membuat yang selanjutnya. Dan inilah hasilnya. ya meski gak bisa kenceng, soale dinamonya kecil sma pesawatnya kebesaran.

pesawat-alUdah, sekian aja ya sharenya, padahal masih bnyak tipsnya sih tapi males nulis , capek.

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

minion hahaha

Pengalaman Mendaftar Google Adsens

Sesuai judul maka Saya kan menuliskan beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar google adsens. …

5 comments

  1. Mas, boleh minta nomer pak Ipung? Pngin diajarin jg. Makasih sblnya ya

  2. mas fariz,
    boleh di share sketsa pesawat modeling f-22 raptornya, agar bisa ditiru.

    Terima kasih dan salam

    • Boleh pah, tp yg sketnya tidak 100% sama, soale ada beberapa modifikasi bentuk. 🙂 saya kirim lewat email aja pak

  3. beli polifoam nya di mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *