Home / Info / What the mean of Om Telolet

What the mean of Om Telolet

“om telolet” yang belakangan ini menjadi viral dimedia sosial karena salah seorang user merekam dan mengunggahvideo anak-anak yang sedang minta dibunyikan klakson mobil truck atau bus. Sampai bebrapa artis kelas dunia di “spam” oleh kata “om telotet”. Yang jadi pertanyaan mereka adalah apa itu telolet?

Tak hanya itu beberapa dibuat konspirasi oleh sebagian orang, seperti halnya waktu game Pokemom GO kemarin juga dibuat konspirasi oleh sebagian orang. Apa yang mereka lakukan terhadapnya? yaitu berupa ilmu “cocok logi” alias berdasarkan koridor yang sebenarnya bukan pada ruang lingkupnya. Seperti seorang petani berbicara masalah bintang (butuh penyesuaian). Meski ada kesamaan dimana petani menggunakan rasi bintang untuk menentukan kapan panen kapan harus menanam, kapan mulai musim-musim yang selanjutnya (lihat c.o.s.m.o.s Series episode 3). Balik ke pokemon go yang Saya maksud, disana mereka mengatakan;

arti pomemon daman bahasa “Syriac” adalah “Aku yahudi”
arti Pikachu daman bahasa “syriac” adalah “jadilah Yahudi”
dan lain sebagainya

Jadi masalahanya mengapa pokemon go yang asalnya dari jepang dihubungkan dengan bahasa yang asalnya dari timur tengah? (baca Baca Syriac What the hell, kejauhan bero.
Ok, sekarang balik lagi ke “om telolet” juga digunakan dalam konspirasi yang sama. Bahkan samapai di broadcast yang secara gamblang mengatakan “om telolet” adalah konspirasi Yahudi dan Hindu. whattttt
Menurut boardcast tersebut Om Telolet dalam bahasa bali kuno adalah “Om” yang berarti Tuhan, Telolet berasal dari bahasa “Shawhilie” yang berarti Yahweh, dan yahweh itu (cari sendiri, banyak literaturnya). Dilain kata dalam bahasa Dzongja (gak tau apa ini, belom Saya cari) Kuno Om artinya Memuja, sedangkan telolet adalah Pohon, maka artinya adalah Memuja Pohon, whattt, jauh aman berooo.
Lantas Saya tertawa, tahukah Anda siapa yang mempopulerkan Om telolet? Tak lain adalah anak-anak yang umurnya belom genap 20 tahun, belakangan ini saja orang dewasa ikut-ikutan Om Telolet.
Apakah mungkin seorang anak mengetahui bahasa Bali sedangkan anak tersebut dari Jawa? Apakah mungkin seorang anak yang umurnya saja belom genap 20 tahun mengetahui bahasa Shawahille dan Dzongja? That is Imposible Broo.

Tidak ada kolerasi antara keduanya. Om itu ditujuan untuk sopir bus yang anak-anak tersebut tidak tau namnya, mungkin bisa diganti “paman” tapi kan kepanjangan, “paman telolet” gak enak gitu, mending bilan “OM”. Dan telolet sendiri itu mengacu pada suara klakson yang keluar dari bus atau truck. Jika diganti “paman bel” kan gak enak bero, alias tidak spesifik, “tin” bisa jadi klakson motor atau mobil standar.
Jika diganti “telolet” kan lebih mengarah kepada klakson yang unik tersebut. Lalu masih mau bilang dengan pendangkalan aqidah? Dibodohin, di bungulin, dan lainnya.

Sekedar info, Dalam islam, hukum muamalah atau setiap perbuatan yang tidak diatur dalam Quran maupun Hadist itu mengandung kebaikan, maka diperbolehkan (baca lagi kalo gak faham).
Bukankah Om Telolet menjadi kesenangan tersendiri bagi anak-anak yang mendengar klakson dari bus atau truck yang diwakilkan oleh “telolet”.
Semoga sampai pada pembuat broadcast.

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

visual diskelsia

Anak Susah Membaca Adalah Penyakit?

Setiap anak yang lahir di Bumi ini adalah anugerah Tuhan yang maha kuasa. Tidak seorangpun …

2 comments

  1. Setuju.. Hadoohlucu juga, lama2 mereka (penyebar broadcast) pusing sendiri eh jadi Om Tulalit Om ahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *