Home / Bumi Datar / Konspirasi Bumi Datar (Flat Earth) Part 1

Konspirasi Bumi Datar (Flat Earth) Part 1

galaksi bima sakti
Pusat galaksi Bima Sakti

Belakangan ini banyak kalangan yang dihebohkan dengan munculnya teori bumi datar. Bahkan sampai dibahas dalam sebuah pengajian agama, Saya pernah menemukan kasus seorang Santri bertanya pada Ustadz nya tentang Bumi ini datar apa berbentu Globe. Pada Channel youtube  bernama Flat Earth 101, dalam video tersebut narasi mengatakan

 

jika ada orang mengatakan bahwa bumi itu datar, kita pikir pasti orang bodoh atau orang gila. Ini pasti lelucon, ternyata orang-orang ini tidak bercanda mereka sangat serius

Pada video tersebut ada 10 bahasan utama yaitu

  1. Ada banyak foto Bumi berbentu Globe.
  2. Ada banyak satelit di Angkasa.
  3. Ada GPS dan Google Map.
  4. Galilleo membuktikan Heliosentrik.
  5. Newton membuktikan gravitasi.
  6. Gerhana bisa dihitung secara akurat.
  7. Horizon membuktikan Bumi ini lengkung.
  8. Penerbangan keliling Dunia.
  9. Banyak negara memiliki Space Program.
  10. Flat Earth adalah mundur 500 tahun.

Saya sendiri berfikir berulang kali dan Saya sendiri sudah menonton dari episode 1 sampai 11 bahkan episode bonusnya Saya tonton. Jika kita ikuti dari awal sampai ahir, semua yang dijelaskannya sangat masuk akal. Namun dari penjelasannya tersebut banyak menimbulkan pertanyaan demi pertanyaan. Yang saya suka dari pembawa narasi tersebut adalah ketika dia mengatakan “Jangan percaya apa kata Saya, cari dan buktikan sendiri” OK Fine, gw cari sendiri!

Foto Bumi Bulat Adalah Rekayasa CGI

Jika kalian mencari foto bumi pada google images, maka akan menemukan foto bumi berbentuk globe. Dalam video tersebut narasi mengatakan bahwa foto tersebut adalah hasil rekayasa komputer atau CGI, memang benar, tidak ada yang salah, semua memang CGI (Computer Generated Imaginary). But pertanyaannya bagai mana NASA membuat foto tersebut? Foto tersebut sekali lagi saya katakan memang benar CGI namun masalahnya mengapa harus CGI? Karena kemampuan kamera yang dimiliki oleh satelit tidak bisa menjangkau seluruh diameter bumi atau dalam bentuk globe. Analoginya sederhana, kalian ada di Keong Emas Teater, terus kalian dilarang moto dari jarak 300 meter, kalian hanya diizinkan memotret dari jarak maksimal 10 meter. Nah jika dalam keadaan demikian untuk melihat bentuk bangunan keong emas dalam bentuk yang sebenarnya kalian harus mengumpukan foto dari segala sisi dengan jarak 10 meter tadi, barulah kalian gabungkan dikomputer dan boom jadilah bangunan keong emas dalam gambar yang sebenarnya. Begitu juga NASA dalam melakukan pemotretan bumi. Nasa harus mengumpulkan banyak sekali foto yang kemudian disusun menjadi satu kesatuan. Jika kalian tidak mau terima Oke lah, saya balik pertanyaannya, bagaimana kalian bisa membuat peta bumi datar sedangkan kalian tidak percaya adanya satelit? Make balon udara? Ok make balon udara, terus ujung-ujungnya make komputer juga kan? Jadinya foto bumi datar adalah CGI juga dong.

Lalu dalam video tersebut mengatakan bahwa warna bumi tidak konsisten. Ini masalah mudah sebenarnya mengapa warnanya tidak konsisten. Sederhana, artis yang menggabungkan foto tersebut orangnya berbeda, setiap orang dalam melakukan editing foto akan mempunyai ciri khas masing-masing. Sama objek, namun beda finishing. Gampang kan? Lalu katanya ketika video live ISS ada bayangan lampu. Wat? ayo lah jangan termakan omongan tanpa mencari terlebih dahulu, itu bukan lampu maket seperti yang dikatakan dalam video tersebut, itu merupakan refleksi cahaya matahari, bukan dari lampu maket seperti yang dituduhkan olen harator.

Ada Banyak Satelit di Angkasa

Jumlah satelit di angkasa yang mengorbit bumi mencapai lebih dari 1000 unit. Tidak semua foto satelit adalah CGI, kalian bisa mencarinya di google images. Dalam video mengatakan bahwa daris sekian banyaknya satelit, tidak satupun bisa tertangkap teleskop. Oke lah, mungkin kalian tidak bisa melihat satelit yang buanyak sekali itu, tapi beneran deh, gw pernah lihat sendiri satelit yang melayang pada Low Orbit dan gila bro, cepet banget geraknya, tapi kalau kalian tinggal di Kota, jangan harap bisa melihat satelit yang geraknya cepet itu, karena pantulan cahaya dari satelit tersebut sangat kecil seperti bintang redup.

Gini aja, jika kalian gak percaya, coba ketika jalan-jalan ke daerah yang tidak ada penerangan anggap aja di tengah hutan belantara, kalian akan bisa melihat bintang-bintang dalam cahaya yang cukup terang, disanalah kalian bisa menemukan satelit. Gimana caranya? Simple, jika kalian melihat cahaya seperti bintang yang melaju dengan cepat, itulah satelit buatan manusia. Ah bohong, itu pasti pesawat, yee dibilangin kok, lu kira gw bego gak bisa bedain pesawat ama satelit? Terus cara bedainnya gimana? Gampang, kalo yang benda bercaya seperti bintang redup itu bergerak seperti yang saya katakan tadi memiliki “2 LAMPU MERAH YANG BERKEDIP” saya jamin itu pesawat, jika tidak ada lampu merah tersebut, itu 100% adalah satelit.

Lalu mengapa satelit tidak bisa ketangkap teleskop? Iya lah, geraknya cepet gitu setelah itu ukuran satelit itu kecil sekali, jika ditanya sekecil apa? caria aja skalanya ketika sedang dikerjakan, gampang toh? menurut saya besarnya gak sebesar truck BBM Pertamina, itu saya gak ngomong ISS loh ya, karena itu ukurannya beda dan memang besar.

Kejawab kan pertanyaan kenapa satelit yang dekat tidak bisa terlihat oleh teleskop? Karena ukurannya itu yang menjadikannya susah dilihat dari Bumi yang kita cintai ini.

Kesimpulan

Dalam video tersebut, narator terlalu terfokus pada 1 sisi saja, namun tidak melihat dari sudut yang lain. Narator hanya mencari informasi yang sekiranya mendukung teorinya saja. Contoh seperti yang dia katakan bahwa semua foto bumi bulat adalah CGI namun narator tidak menyebutkan kemampuan kamera yang sangat terbatas sehingga terkesan apa yang dia katakan adalah benar semua.

Dilain sisi narator mengatakan bahawa satelit yang dekat tidak bisa dilihat dengan teleskop sedangkan bintang yang jarakanya jauh bisa kelihatan dengan jelas, namun narator tidak menyebutkan ukuran dari satelit tersebut. Jadi ini menurut saya jawaban yang menimbulkan pertanyaan lain jika kalian berfikir secara kritis. Ingat yang narator katanya “Jangan percaya omongan Saya, cari dan buktikan sendiri”

 

Save

Save

Save

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

Satelit OK

Flat Earth – Penyesatan Realita dan Logika – Part 2

Halo, sebelumnya saya telah membahas tentang konspirasi bumi datar bagian 1 yang membahas tentang rekayasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *