Home / Aplikasi / Firefox vs Chrome: Mana yang Terbaik?

Firefox vs Chrome: Mana yang Terbaik?

Chrome Vs Firefox

Ketika ditanya manakah browser yang terbaik? Maka si “A” akan menjawab “firefox” lalu si “B” berkata “Safari”, “chrome”, “opera” “UC” dan masih banyak lagi. Tapi kali ini kita batasi ya. Saya akan bahas berdasarkan pengalaman, bukan dari sisi “Fan Boy”, kalau dari sisi fanboy, saya akan milih 100% Firefox, tapi jika dari sisi berdasarkan pengalaman akan lain cerita. Seperti yang saya sering katakan, dimana ada keunggulan, disitu juga ada kelemahan. Jika boleh mengutip perkataan Dosen Saya “Jika kamu saya kuatin untuk ke arah utara, maka para penguji akan menyerang dari sisi lainnya” ini berarti setiap hal yang dibuat pastilah ada kelemahannya biar sekecil apapun itu.

Balik ke pembahasan firefox vs chrome mana yang terbaik? Ketika membahas sebuah aplikasi perambah web pastilah ada sisi yang ditonjolkan. Contoh, kalian boleh meng-claim jika chrome lebih cepat dalam memuat laman web dari aplikasi web browser manapun, tapi pada kenyataanya tidak ada satu browserpun yang sanggup melawan algoritma “Opera” dalam memuat suatu halaman web. Buktinya apa? kalian bisa buktikan dengan cara menggunakan modem USB, lalu set jaringan ke EDGE ONLY, lalu cobalah memuat suatu halaman, saya pastikan opera duluan menyelesaikannya namun dengan 1 catatan. Tampilannya akan berbeda, dalam arti bukan berbeda tampilan seperti kalian melihat mobil ringsek namun kalian akan melihat gambar yang dimuat oleh opera akan dikompresi se kecil mungkin. Tidak ada web yang seperti itu kecuali opera.

Baiklah kita lupakan dulu opera, karena bahasan kita ini firefox vs chrome. Mengapa saya ambil hanya 2 web browser tersebut? karena ke 2 web browser itulah yang paling banyak penggunanya. Banyak bertebaran dihalaman blog, web bahakan berita menyatakan chrome paling baik, atau sebaliknya firefox paling baik. Jika dari sisi kebutuhan mungkin kalian akan mempertimbangkannya kembali, namun yang saya temukan adalah para fanboy yang meng elu-elukan salah satu aplikasi tersebut. Maka dari itu saya akan bercerita sedikit pengalaman saya.

Sebelum firefox muncul, dlu ada nama web browser yang bernama Internet Explorer, pada zaman itu sangat melegenda, kisaran tahun 2008. Firefox sudah ada pada zaman itu namun belum terkenal. Waktu itu saya masih menggunakan AOL Netscape Navigator. Dari sini asal mula firefox, karena AOL tidak melanjutkan perambah situsnya, maka diteruskan oleh phoenix, kala itu firefox namnya bukan firefox, tetapi phoenix firebird sampai ahirnya menjadi mozilla firefox. Jadi source code firefox yang sebelumnya sudah ada dan mereka tinggal mengembangkan sampai hari ini. Dukungannya sangat luas sekali, dukungan komunitas firefox sangatlah luas, kalian bisa keliling di forunm-forum firefox.

Padah tahun 2008 google merilis Google Chrome. Chrome sangat cepat terkenal kala itu, karen dinilai sangat ringan. Memang benar demikian, saya merasakannya sendiri, dimana kecepatan loading crhome lebih jos dibanding firefox, mungkin kala itu firefox masih banyak membawa berkas sisa dari Netscape Navigator. Saya sempat pindah menggunakan Chrome sampai ahirnya saya menemukan perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan utama dari ke 2 aplikasi ini terletak pada bagaimana mereka memproses data. Untuk masalah keamanan ke 2 nya relatif sama. Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan google chrome dulu

Google Chrome

chrome

Nilai Plus (+) Google Chrome

Ringan banget bro, kalian akan merasakan betapa cepatnya loading menggunakan chrome, muali dari nonton video, bermain game flash, facebookan, kelilin cari artikel.

Jika kalian membuka banyak tab, dan halaman yang kalian buka bermasalah dan menyebabkan aplikasi HANG maka uniknya hanya tab itu yang nge hang, sisanya aman lancar jaya. Mengapa bisa demikian? Sebenarnya ketika kalian membuka tab baru dengan chrome, itu sama saja kalian membuka chrome yang baru, buktinya kalian bisa melihat pada Task Manager dikomputer kalian, makin banyak kalian buka tab, semakin banyak pula proses chrome yang berjalan.

Fitur syncron yang emezeng, karena memang merekalah pertama kali yang membuat ide tersebut. Dimana bookmark, password, history kalain tersimpan dimasing-masing ID google kalian.

Jika kalian ingin memainkan atau membuka file flash, video ataupun game online browser, serahkan semua pada Chrome, dia memang jagonya.

Addon yang unik.

Tampilannya ringkas, bisa menggunakan tema, dan fontnya juga nyaman dilihat menjadi nilai tersendiri.

Nilai Minus (-) Google Chrome

Kalian memang diberi multitasking, namun ingat, chrome sangat rakus dengan RAM, makin banyak tab makin banyak memori yang digunakan oleh chrome

Loading flash bukan masalah, tapi kalian akan sering menghadapi kemacetan jika sebuah halaman banyak menggunakan scrip java, terkadang sampai benar-benar crash.

Custom dalaman yang kurang leluasa, contohnya jika kalian terkena Hijacked maka pengembaliaannya akan sulit sekali, karena beberapa fitur ada yang ditutupin oleh chrome.

 

Firefox

Nilai Plus (+) Firefox

Loading cepat, meski tidak se cepat chrome, namun kalian akan tetap merasaa tanpa masalah disini. Tapi jika ingin yang paling cepat, ambil saja Opera.

Addon yang melimpah ruah, saking banyaknya sampai bingung kalian mau makai yang mana.

Opensource banget, jika kalian bisa membuat atau mengcompile program, maka kalian bisa membuat firefox versi kalian sendiri. Contohnya kalian mungkin pernah mendengar “Tor Browser”? itu adalah salah satu pengembangan dari firefox. Dukungan komunitas yang luarbiasa. Terkena hijack? Tidak masalah, kalian bisa membongkar seluruhnya samapai ke akar dimana script hijack bersembunyi.

Adanya fitur Syncrone sperti Google chrome yang fungsinya sama.

Konsumsi memori RAM yang relatif kecil jika dibawa kerja keras. Biarpun kalian membuka tab sampai 20 sekalipin, ram kalian biasanya akan sangkut di angka 1.8 GB, tidak seperti chrome yang saya sendiri pernah mencoba sampai dengan 4 GB.

Halaman web banyak script? Bukan masalah, memang firefox lebih andal jika menangani halaman yang penuh script.

Nilai Minus (-) Firefox

Membutuhkan plugin tambahan untuk meloading video dan flash agar lebih baik.

Konsumsi awal ram relatif besar, berkisar 800 MB, tidak seperti chrome yang dinamis, dimana kalian hanya akan dikenakan kisaran 180 MB.

Jika salah satu tab crash, maka firefox akan force close total. ini dikarenakan tidak adanya fitur multitasking seperti yang ada pada chrome.

Tampilan terkesan kaku, tidak seperti chrome yang banyak effect.

Kesimpulan

Jadi, dari pengalaman itulah mengapa saya memilih firefox sebagai aplikasi perambah web. Memang terkadang merpotkan jika mengalami crash, biasanya terjadi ketika saya buka sampai lebih dari 15 tab. Mungkin dikarenakan limit ram yang dilakukan secara mandiri oleh firefox. Namun kembali kepada kalian semua, sesuaikan dengan kebutuhan, jika kalian ingin perambah web yang tidak terlalu mementingkan tampilan, dan hanya ingin jalan-jalan mencari artikel atau apa lah, maka firefox yang saya sarankan, diaman jika kalian bertemu dengan web yang penuh dengan script, itu tidak akan terlalu membebai kalian dengan loading yang lama, karen jika kalian menggunakan chrome dan bertemu dengan web jenis demikian, maka loadingnya akan memakan waktu cukup lama, namun tampilan chrome dan kecepatan memproses suatu halaman entah image scaling atau font saya rasa chrome lebih baik. Jika kalain banyak membuka video, bermain game facebook, maka chrome adalah pilihan yang tepat. Namun jika internet kalian lelet pilihlah Opera.

Tambahan, sebenarnya dari semua penilaian sepertinya memang firefox pemenangnya, namun percayalah sebenarnya Chrome jauh lebih unggul daripada firefox, bahkan firefox masih kalah dengan opera. Saya sudah memberi tahu chrome yang pemenangnya, namun saya pribadi lebih memilih firefox sebagai web browser saya karena masalah hijack yg akan sangat merepotkan jika saya menggunakan chrome.

Semoga bermanfaa, see ya

 

 

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

minion hahaha

3 Aplikasi Downloader Terbaik Selain IDM

Halo, sesuai judul kali ini saya akan mereview singkat aplikasi downloader. Tau kan aplikasi downloader …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *