Home / Bumi Datar / Flat Earth – Penyesatan Realita dan Logika – Part 2

Flat Earth – Penyesatan Realita dan Logika – Part 2

Satelit OKHalo, sebelumnya saya telah membahas tentang konspirasi bumi datar bagian 1 yang membahas tentang rekayasa komputer, dan satelit. Kali ini dalam bagian ke 2 saya akan membahas tentang GPS dan Google Maps, Minyak bumi dan Satelit.

GPS dan Google Maps

GPS atau Global Positioning System yang memungkinkan untuk mengetahui posisi seseorang dimanapun pada permukaan bumi. Dalam video dikatakan orang yang ada diujung barat tidak bisa mengirim signal wireless ke ujung timur karena tertutup lengkungan bumi. Singkat cerita aplikasi seperti Google Map tidak menggunakan GPS melainkan hanya tower telepon biasa. Tak kalah pentingnya pembuat video menampilkan presentasi dari google tentang My Location (beta) tidak menggunakan GPS. Sehingga HP hanya akan mengakses footprint dari 3 tower terdekat lalu aplikasi tersebut menentukan posisi saat ini. Google memang mengatakan sendiri tentang aplikasi mereka tidak perlu menggunakan GPS. Sampai sini kita berhenti, mari kita nalarkan apa yang google katakan. Google mengatakan “Ini tidak memerlukan GPS” ini bisa diartikan bahwa google my location memang benar tidak memerlukan GPS tapi bukan berarti GPS itu tidak ada. Mengapa demikian? Karena ada kata “Memerlukan” mengutip dari kamus besar bahasa indonesia, memerlukan kata utamanya adalah Perlu yang berarti harus ada, penting. Jadi jika ditambah kata memerlukan artinya akan menjadi memandang perlu atau bisa diartikan memang penting. Bingung? Dibaca lagi. Jadinya jika kita gabungkan arti kata dari “Tidak memerlukan” bisa diartikan menjadi “Tidak harus ada” bisa diartikan tidak penting. Nah dari sini saja sebenarnya sudah bisa diartikan bahwa sebenarnya GPS itu ada, namun tidak harus ada dalam aplikasi my location. Namun pernyataan ini bertentangan dengan narator sampaikan, yang mengatakan bahwa satelit itu “TIDAK ADA” Dari arti kata saja sudah bertentangan dengan apa yang disampaikan.

Namun pembuat video selalu mengulang-ulang bahwa GPS itu tidak ada dan pernyataan-pernyataan yang disetting sedimikian rupa agar mengelabuhi penonton. Lalu apa pernyataan narator salah? Tidak, memang benar. Tujuan utama mengakses tower oleh google adalah untuk menghemat daya dari ponsel. Lalu bagaimana jika tidak ada tower? Maka disini baru GPS bekerja, Saya pernah menggunakan GPS tanpa adanya signal satupun dari Operator, karena posisi sedang di hutan. Pasti kalian pernah melihat pengaturan GPS atau my location pada HP. Disana ada pilihan akurasi tinggi dan hanya menggunakan GPS saja. Jika kalian menggunakan pengaturan akurasi tinggi, maka google maps akan menggunakan wifi, tower telpon dan GPS. Ini bertujuan untuk mempercepat pencarian lokasi anda saat ini, dibanding dengan GPS yang bilamana signal GPS low, maka tingkat akurasi akan melebar.

Pada gambar dibawah ini saya melakukan akses GPS dengan GPS only, saya harus keluar rumah agar maps saya merespon dimana posisi saya, jika memang hanya menggunakan footprint tower, mengapa dalam rumah yang signalnya penuh loadingnya tidak selesai? Karena seperti yang saya sebutkan, saya hanya menggunakan GPS ONLY. Ini saya tanpa menggunakan paket data sedikitpun.

GPS is True
GPS yang saya gunakan tanpa internet dan mengharuskan saya keluar rumah, karena low signal

Minyak Bumi

Masalah minyak bumi sebenarnya tidak bisa menggunakan bahasan bahasa, karena ini ilmu kimia. Fosil yang dimaksud dalam video adalah fosil dari dinosaurus. Padahal dalam pengertiannya fosil itu tidak hanya dinosaurus, lumut, semut, batang pohon, buaya, kuda, sapi, ikan bahkan manusia bisa disebut sebagai fosil. Fosil dalam kamus bahasa inggris adalah

“any remains, impression, or trace of a living thing of a former geologic age, as a skeleton, footprint, etc.”

deep drill sea

Dalam video narator mengakatakan “pengeboran minyak bumi sampai dengan kedalaman 10 km, sedangkan lapisan fosil ditemukan paling dalam pada kedalaman 2.5 km” Memang sangat masuk akal tuduhan yang narator sampaikan jika fosil hanya berasal dari dinosaurus. Namun jika kita gabungkan dengan fosil dalam arti yang sebenarnya maka sangat tidak masuk akal jika menuduh minyak bumi berasal dari dinosaurus. Narator melupakan tentang Plankton, ikan, dan makhluk hidup yang ada di lautan. Jika pengeboran minyak bumi sampai kedalaman 10 KM, ini bisa diartikan sebagai plankton yang menjadi minyak bumi. Mengutip dari seorang blogger Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S2 jurusan Kimia di Jepang mengatakan bahwa.

Ada dua pendapat yang berkembang tentang minyak bumi ini. Pendapat pertama ialah bahwa minyak bumi berasal dari fosil dan jasad renik. Ini dibuktikan dengan peristiwa pembusukan organik yang menghasilkan gas (butana, etana propana) yang sejenis dengan minyak bumi(khususnya gas), dan fakta bahwa minyak bumi kebanyakan berada di lautan (yang dahulunya memiliki banyak organisme).

Pendapat kedua ialah minyak bumi sudah ada bersama pembentukan bumi. Ini didasarkan pada fakta bahwa di planet-planet lain, gas-gas minyak bumi (butana, etana, propana, metana) juga ditemukan melapisi planet tersebut walaupun belum ditemukan adanya jejak kehidupan.

Terlepas dari lebih populernya lebih populernya pendapat pertama di kalangan para saintis. Tetapi yang pasti dari kedua pendapat ini, minyak bumi tetap merupakan sumber daya alam yang terbatas dan bisa habis. Jadi pernyataan di video bahwa minyak bumi ialah unlimited resource itu salah kaprah dan klaim tanpa logika.

sumber (https://www.mystupidtheory.com)

Dari situ maka sudah jelas jika sebenarnya minyak bumi banyak ditemukan dilaut, selain itu juga minyak bumi sudah terbentuk dari awal pembentukan bumi kita yang indah ini.

Roket Tidak Pernah Terbang Ke Atas

rocket launch
peluncuran rocket experimen

Pertama dengar ketika narator mengatakan Roket Tidak Pernah Terbang Ke Atas sangalah lucu. Tapi saya maklumi saja, karena jika bentuk buminya datar untuk apa menerbangkaan satelit. Banyak yang menggunakan argumen ini untuk menyerang sebagai sanggahan atau sangkalan.

Ok mari kita bahas, jika roket terbangnya ke atas, maka secara otomatis akan keluar dan tidak kembali lagi kan? Benar? ok benar semua setuju. Namun jika roketnya melengkung maka akan jatuh entah berantah dimana. Ini yang merka jadikan alasan untuk menyangkalnya jika NASA melakukan penipuan dengan cara menjatuhkan roket, kan lautan sangat luas. Wajar jika mereka menyerang dengan argumen tersebut, karena bentuk bumi mereka datar, namun akan sangat berbeda jika bumi itu bulat. Kembali ke kesepakatan awal, “jika roket terbang ke atas, maka tidak akan pernah kembali ke bumi” karena bentuk bumi bulat maka bekas asap yang ditinggalakan oleh roket terbawa oleh rotasi bumi. Jika sudah melewati atmosfer bumi dan tidak terpengaruh oleh medan gravitasi maka disitulah satelit akan dilepas.

Sebenarnya bahasan soal satelit ini sudah dibahasan ku yang sebelumnya. Sekedar tau saja, NASA juga pernah meluncurkan roketnya dalam posisi tidak tegak, lihat gambar di atas. Satelit memiliki orbit juga, ada 3 kategori orbit, yaitu Low, Medium, dan yang paling jauh. Kalian bisa mencarinya sendiri. Jika narator mengatakan jika satelit tidak pernah keluar dari low orbit ini merupakan salah besar, alasannya ini seperti seorang yang mau masuk tol, kenapa dibuat jalan yang melengkung? kenapa tidak vertical saja? Analogi sederhananya seperti itu lah. Untuk memasukkan ke dalam orbit, maka mau tidak mau harus terbang melengkung. Ni ada animasi satelit Juno yang membawa instrumen ke Jupiter

Track perjalanan JUNO

Kesimpulan

Tidak benar jika GPS itu tidak ada, nyatanya kalian tetap bisa mengunakan GPS walaupun ditengah Hutan seperti saya sekalipun. Lalu fosil itu tidak melulu dari dinosaurus, bahkan manusiapun bisa menjadi fosil. Dilautan banyak minyak, kenapa? karena hewan disana lebih banyak dari yang ada di darat, lihat ikan paus, hanya makan plankton badannya gede gitu. Lalu roket kenapa terbang tidak pernah vertical, setelah tinggi selalu melengkung, karena  memang tujuan satelit ditebangkan untuk mengorbit, bukan untuk dibuang seperti yang mereka katakan.

 

Sumber

kkbi online, mystupidtheory.com

https://www.odt.co.nz/sites/default/files/story/2016/04/an_anadarko_deep_water_drilling_rig_off_the_coast__504fd41218.jpg

http://media.gettyimages.com/videos/communications-satellite-orbiting-earth-cinematic-video-id156272260

https://www.nasa.gov/sites/default/files/thumbnails/image/img_9718.jpg

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

Konspirasi Bumi Datar (Flat Earth) Part 1

Belakangan ini banyak kalangan yang dihebohkan dengan munculnya teori bumi datar. Bahkan sampai dibahas dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *