Home / Sains / Black Hole (Lubang Hitam)

Black Hole (Lubang Hitam)

Lubang hitam

Lubang Hitam

Lubang hitam, atau bahasa lokalnya adalah black hole merupakan salah satu objek diluar angkasa yang masih misteri tentang sifatnya. Lubang hitam merupakan sebuah objek gelap yang berada diluar angkasa. Lalu mengapa disebut lubang hitam? Karena objek tersebut menghisap seluruh objek benda bahkan cayaha sekalipun ke arahnya. Ini mirip seperti mesin penghisap debu raksasa. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena lubang hitam memiliki gravitasi yang sangat masive, bahkan Cahaya sekalipun tidak bisa lolos dari gravitasi tersebut.

lens-gravity

Tahukah Kamu? Beberapa bintang bola yang memiliki gravitasi yang besar seringkali digunakan ilmuan sebagai lensa alami untuk melihat obek yang lebih jauh. Seperti gambar di atas

Gravitasi Yang SUPER MASIVE

Lalu seberapa besarkah gravitasi yang dihasilkan oleh sebuah lubang hitam? Sampai saat ini Saya tidak menemukan literatur yang mengatakan seberapa besar gravitasi yang dihasilkan. Namun untuk sekedar pengetahuan umum seberapa kuat gravitasi tersebut, mari kita hitung dengan hitungan gravitasi pada Bumi. Satuan gravitasi kita sebut dengan “G”, di Bumi gravitasi yang kita rasakan saat ini adalah 1G. Jika kita lipat gandakan menjadi 10G itu rasanya sama seperti ketika seorang pilot pesawat tempur belok dengan kecepatan tinggi, rasanya tidak akan menyiksamu, tapi pasti akan sangan tidak nyaman. Lalu bagai mana jika dilipat gandakan menjadi 100G? Sebuah kardus akan rusak seperti tertindih karena beratnya sendiri, lalu bagaimana jika dilipat gandakan lagi menjadi 1000000G? Maka hasilnya sebuah mobil akan penyet atau ringseng oleh bebannya sendiri. Lalu apa yang terjadi bila gravitasi dibuat menjadi 0? Maka semua benda yang ada di Bumi akan melayang.

Tahukah Kamu? Pada dasarnya kita hidup dari bayi sampai dewasa setiap harinya selalu bertarung dengan gravitasi, bahkan bayi pun berusaha keras untuk berdiri, ketika bayi tersebut berhasil beridiri maka dia saat itu juga berhasil melawan gravitasi.

Sejarah Lubang Hitam

Mengutip dari Wikipedia Indonesia “Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking.” John Michell yang terinspirasi dari ayahnya yang mengatakan bahwa “langit yang kita lihat penuh dengan hantu” (Lihat serial C.O.S.M.O.S: A Sky Full of Ghost) menmukan tentang teori lubang hitam.

Hayo, ketahuan loee

Lalu bagaimana para ilmuan bisa menemukan lubang hitam jika objek tersebut tidak terlihat oleh mata? Benar, lubang hitam tidak tampak oleh mata telanjang atau dengan teleskop tanpa kemampuan khusus. Lubah hitam memang gelap secara fisik karena pada dasarnya apa yang bisa dilihat mata adalah objek yang bisa memantulkan cahaya, jika cahaya diserap maka benda tersebut tidak terlihat. Namu satu hal yang pasti lubang hitam selalu meninggalkan jejak. Seperti halnya jejak kaki, apakah penggunanya atau yang meninggalkan tersebut kita tau orangnya? Tidak bukan, namun dari tanda telapak kaki kita tau siapa yang meninggalkannya. Begitu juga lubang hitam selalu meninggalkan jejak berupa gelombang radiasi. Jika dengan kasat mata, jika ada sebuah bintang yang mengorbit sebuah materi gelap maka bisa dipastikan yang diorbit bintang tersebut adalah lubang hitam. Jika menggunakan teleskop normal lubang hitam tidak akan tampak, namun jika menggunakan sinar X maka lubang hitam akan terlihat sangat terang, karena jejak radiasi yang ditimbulkannya.

Proses terbentuknya

Lubah hitam pada awalnya adalah sebuah bintang biasa. Bintang biasa? Benar bintang biasa, tenang bintang kita tidak cukup kuat untuk menjadi sebuah lubang hitam. Lubang hitam hanya akan terbentuk pada bintang yang ukurannya ratusan kali lebih besar dari matahari. Pada awalnya bintang akan mengalami radiasi yang seimbang, namun karena proses fusi nuklir terus menerus menjadikan inti dari bintang tersebut menjadi semakin berat, ini akan menimbulkan gravitasi yang berat juga seperti pada kasus mobil yang hancur karna berat badannya sendiri. Ketika ketidak seimbangan terjadi ledakan super nova, maka ketika ledakan itu terjadi hanya ada 2 kemungkinan, yaitu salah satunya menjadi lubang hitam.

Kematian Lubang Hitam

Mengutip dari Wikipedia “Lubang hitam akan mati melalui proses radiasi hawking. Proses ini sederhananya seperti membongkar bagian per bagian dari lubang hitam. Selama berjalannya waktu, lubang hitam akan terus mengecil dan mengecil, hingga akhirnya mengalami ledakan super besar, bahkan ribuan kali lebih besar daripada ledakan bom Hiroshima dan Nagasaki. Akan tetapi, proses ini cenderung memakan waktu cukup lama. Sedangkan ukuran lubang hitam pastilah besar. Maka bisa jadi kita sebagai manusia tidak akan menyaksikan apa-apa dari peristiwa ini.”

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

Meteor Hancur Sedangkan Pesawat Angkasa Tidak Ketika Masuk Lapisan Atmosfer Bumi

Pendahuluan Sebenarnya males banget mau nulis, terbukti selama ini udah 1 tahun berjalan post tetap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *