Home / Aplikasi / Banished, Game Membangun Kota dan Bertahan Hidup

Banished, Game Membangun Kota dan Bertahan Hidup

About This Game

In this city-building strategy game, you control a group of exiled travelers who decide to restart their lives in a new land. They have only the clothes on their backs and a cart filled with supplies from their homeland.

The townspeople of Banished are your primary resource. They are born, grow older, work, have children of their own, and eventually die. Keeping them healthy, happy, and well-fed are essential to making your town grow. Building new homes is not enough—there must be enough people to move in and have families of their own.

Banished has no skill trees. Any structure can be built at any time, provided that your people have collected the resources to do so. There is no money. Instead, your hard-earned resources can be bartered away with the arrival of trade vessels. These merchants are the key to adding livestock and annual crops to the townspeople’s diet; however, their lengthy trade route comes with the risk of bringing illnesses from abroad.

There are twenty different occupations that the people in the city can perform from farming, hunting, and blacksmithing, to mining, teaching, and healing. No single strategy will succeed for every town. Some resources may be more scarce from one map to the next. The player can choose to replant forests, mine for iron, and quarry for rock, but all these choices require setting aside space into which you cannot expand.

The success or failure of a town depends on the appropriate management of risks and resources.

Pertamakali mencoba game Banished rasanya seperti “ini game apa?” begitulah kira-kira, karena game ini sangat susah sekali dimainakn. Tidak seperti game membangun kota ataupun peradaban layaknya sperti game Civilization, Anno, Sim City, City XXL, ataupun City Skyline. Konsep yang ditawarkan sangat berbeda, jika pada game Sim City ataupun City Skyline Anda diwajibkan membangun infrastruktur berupa Air, listrik, jalan, dan bangunan lainnya, maka lain halnya yang ditawarkan oleh Banished ini. Menurut Saya pribadi game ini menawarkan hal yang baru, dimana Anda membangun peradaban sekaligus bertahan hidup. Ya, Anda akan dihadapkan dengan alam yang liar, cuaca ekstrim untuk bertahan hidup.

banished-1
Starting dengan mode Easy

Awalnya Anda aka memilih tingat kesulitan dari game tersebut. Ada 3 level, yaitu easy, medium, dan yang terahir hard. Perbedaannya dari masing-masing level adalah berupa bonus start infrastruktur. Jika memilih easy, maka infrastruktur sudah disediakan yaitu berupa rumah, stockpile untuk menyimpan keperluan seperti batu, batu bara, kayu, dan besi, barn yang berguna untuk menyimpan kayu bakar, makanan, baju, peralatan, obat-obatan, beberapa bibit pohon, sayuran dan hewan peliharaan. Namun pada tingkat hard, Anda hanya dibekali bahan raw atau mentah, sisanya cari Anda akan mencarinya sendiri dan membanguun sendiri rumah serta kebutuhan Anda.

Di-dalam game Banished, warga yang Anda miliki bisa mati, bodoh,

Ya, dalam game ini populasi bisa berkurang drastis jika material kehidupan tidak terpenuhi. Material tersebut berupa makanan, bahan bakar, kesehatan, pakaian. Pertama kali bermain game banished, warga yang Saya miliki banyak yang mati, karena stok yang tersedia telah habis terutama makanan dan bahan bakar. Mengapa bisa demikian? karena game ini lebih mengutamakan managemen warga atau masyarakat yang Anda miliki. Digame ini Anda akan dihadapkan dengan 4 musim. Musim dingin yang paling merepotkan, dimana bahan makanan yang tinggal dipanen tiba-tiba bisa habis seketika karena musim dingin yang berakibat pada gagal panen, dan setelah itu warga Anda harus menghadapi tahun tanpa makanan. Selain makanan ada sekolah yang berguna untuk meningkatkan produktifitas dari warga yang Anda miliki, jika warga yang Anda miliki Bodoh, maka penghasilan makanan tidak akan berkembang jumlahnya, peternakan mati semua, dan masih banyak lagi, belum lagi masalah peralatan.

Dalam game ini disediakan pula fitur pekerja, dimana Anda bisa meng-alokasikan warga yang menganggur dan menjadikannya pekerja dengan target tertentu seperti forester, petani, ataupun guru. Anda akan selalu melihat jendela ini, karena dalam beberapa menit pekerja Anda akan hilang karena mati, tetapi pada game ini warga Anda bisa mati karena sakit, kelaparan, kecelakaan ataupun tutup usia. Nah karena jika mati karena tutup usia tidak ada pemberitahuan.

5 warga kelaparan dan 1 orang meninggal, serta stock makanan habis
5 warga kelaparan dan 1 orang meninggal, serta stock makanan habis

Pada gambar di atas Anda dapat melihat jendela statistik peralatan dan tahun. Pada gambar di atas Saya sudah menjalankan selama 75 tahun, total orang dewasa 274, 86 orang yang sedang menempuh pendidikan, dan 76 anak-anak. Di Dalam game banished, makin banyak orang yang Anda miliki, maka semakin sulit game ini. Ya seperti itu, memang game yang aneh. Tapi disitulah tantangan dari game ini. Lalu dalam gambar tersebut ada jendela profesi, ya seperti yang Saya sebutkan tadi, Anda harus me monitor penduduk secara terus menerus dan mengontrol alokasi pekerjaan untuk hal yang lebih utama seperti produksi makanan. Secara singkat, game ini sangat asik untuk dimainkan, namun akan merepotkan jika warga Anda sudah mencapai 800 orang. Yang saya lakukan ketika itu hampir menggunakan semua warga Saya untuk keperluan pertanian, hanya dalam beberapa detik saya, stok makanan sebanyak 10000 habis. Review akan berlajut pada sesi berikutnya dengan tema cara memainkan Banished, karena memang game ini tidak mudah.

Jika ingin membelinya silahkan kunjungi. http://store.steampowered.com/app/242920/

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

minion hahaha

Firefox vs Chrome: Mana yang Terbaik?

Ketika ditanya manakah browser yang terbaik? Maka si “A” akan menjawab “firefox” lalu si “B” …

3 comments

  1. Nice post. But kita tunggu triknya.

  2. sepertinya gamenya susah dan ribet ya. kita seperti kepala negara yang wajib memberi mereka makan agar tidak mati. boleh juga nih game, jadi pengen coba. ulasannya bagus gan 🙂
    brp lama agan bljr game ini? pasti butuh waktu biar tahu segala hal dalam game ini.
    kunjungi blog sederhana Saya

    • Lumayan lama pak, sampai 2 minggu saya baru faham sistem game ini. dan sekarang saya sudah mencapai 800 penduduk, 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *