Home / Aplikasi / 3 Aplikasi Downloader Terbaik Selain IDM

3 Aplikasi Downloader Terbaik Selain IDM

Halo, sesuai judul kali ini saya akan mereview singkat aplikasi downloader. Tau kan aplikasi downloader buat apa? ya buat download lah, gak mungkin buat gambar kan. Ok review singkat ini isinya sangat singkat sekali. Jadi berdasarkan pengalaman ketika menggunakan aplikasi yang akan saya kasih tau ini. Sebenarnya setiap aplikasi browser sudah memiliki fungsi accelerator nya sendiri. Ya kalian bisa melihatnya ketika mengunduh file tanpa aplikasi accelerator seperti IDM pada umumnya. Kelemahan utama menggunakan penguduh pada browser adalah tidak tersedianya fitur resume pada beberapa situs seperti jika kalian menguduh file dari tusfile, ketika internet terputus maka browser akan memulainya dari awal. Jika filenya hanya 10 MB tidak terlalu masalah, namun itu akan menyakitkan jika file tersebut berukuran besar, anggaplah 1 GB, ketika sudah mencapai 99% listrik dirumah kalian padam. Ya selesai sudah file yang kalian unduh.

Maka dari itu aplikasi accelerator  dibutuhkan, agar file yang sebelumnya bisa tersimpan dan bisa melanjutkan tanpa harus mengulanginya dari awal lagi. Nah dari sekian aplikasi tentunya ada keunggulan dan kekurangan masing-masing bukan? lalu aplikasi apa yang harus dipilih? Sebenarnya sangat banyak sekali aplikasi accelerator dari yang abal-abal sampai yang niat bikin aplikasi tersebut. Ada yang berbayar ada yang gratisan. Jangan tanya IDM (internet download manager) itu gratisan. Memang benar IDM itu gratis, tapi hanya 30 hari saja sisanya anda suruh membeli. Nah kali ini kalian akan saya kasih tau aplikasi downloader yang benar-benar gratis dan yang berbayar namun ada juga yang menyediakan fitur gratisan.

Oke, kelamaan ngoceh mari kita mulai dari nomor paling belakang ditempati oleh.

3. Download Accelerator Plus (DAP)

dap
http://www.cracxsoftware.com

Nama yang asing bagi orang yang bergantung pada IDM, beneran deh percaya, karena aplikasi ini memang jarang yang menggunakan khususnya di Indonesia. Karena rata-rata orang indoensia menggunakan aplikasi Internet Download Manager (IDM). Ini adalah aplikasi pertama kali yang saya pakai untuk download accelerator. Seperti yang saya katakan sebelumnya, aplikasi ini benar-benar free, namun untuk beberapa fitur tambahan anda harus membelinya sih. Namun jujur deh, fitur tambahannya juga tidak terlalu penting kok. Nanti akan kita bahas difitur-fitur gratisan yang ditawarkan oleh DAP ini.

Fitur DAP

Fitur yang pasti adalah mempercepat secepat mungkin file yang kita download. Namun masalah ini sebenarnya tidak terlalu signifikan, karena pada dasarnya kecepatan download itu tergantung dari net yang kita pakai kan? Lalu ketika anda menggunakan fitur premiumnya, maka disana ada pembagian multiple download seperti IDM, sebenarnya dari awal sudah ada, namun jumlahnya hanya 4 jika tidak salah. Jika menghidupkan fitur premiumnya maka anda bisa menambah multiple download barnya. Namun kembali kemasalah awal, kecepatan download bergantung pada  kecepatan internet anda semua.

Uniknya, disana ada fitur yang bernama automatic mirror speed bost, saya tidak tau gimana ceritanya yang pasti jika seumpama internet anda speed max nya 100 mbps dan server tempat anda mendownload hanya support 10 mbps maka aplikasi tersebut akan melakukan mirror ke beberapa server, jadinya file yang anda download tidak menjadi 10 mbps lagi, mungkin bisa saja menjadi MAX. Lalu ada fitur resume, ini wajib ada disetiap aplikasi download accelerator.

DAP juga memiliki addon untuk aplikasi browser seperti IDM adapun fiturnya seperti berikut, karena saya malas nulis, mending kopas aja ya.

  • Video Download; mempermudah download dari Youtube, metacafe, dan situs video lainnya.
  • DAP Link Checker; mengambil semua informasi tentang file yang kalian akan download sebelum mendownloadnya.
  • Download MP3;  mendownload file mp3 dari youtube atau dari situs yang memuat musik dan video. Hanya 1 kali tombol dan DAP akan menconvert secara otomatis,. Uniknya aplikasi ini akan langsung sync ke iTunes kalian.
  • Video Preview; Ini berfungsi untuk melihat video yang sedang kalian download. jadi akan menghemat waktu.
  • Download Scurity; scan file anda sebelum menyimpannya ke media penyimpan kalian.
  • DAPsters Manager; Thanks to DAPsters, downloading with DAP from hosting sites like hotfile.com and fileflyer.com is fast and simple. Don’t waste your time waiting for the file availability, DAP will wait and execute the download for you.  (males nulis, translate sendiri ya)
  • Video to MP3; copy link video anda, langsung jadi mp3.
  • Download history; detail tentang sejarah download anda, atau log download anda.
  • FTP Browser.
  • Internet Browser.
  • File Shredder (premium only) << ini yang gw bilang gak terlalu guna.
  • ZIP Preview (premium only)
  • Trace Cleaner (premum only)

Fiturnya banyak bukan? bahkan Internet Download Manager sendiri kalah jauh. But ada minusnya dari aplikasi ini, yaitu sering not respond, kadang kala crash ketika hendak mendownload, terkdang juga progres download stuck tapi sebenarnya tetap berjalan terbukti ketika file sudah selesai, aplikasi akan memunculkan popup jika file yang kita download telah selesai, iklannya bejibun. Tapi itu udah lama, kali aja udah diperbaikin sama mereka, kecuali masalah iklan yang bejibun, terahir saya menggunakan versi 8, sekarang sudah nyampai versi 10. Jika kalian tertarik menggunakannya, silahkan download.

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

minion hahaha

Firefox vs Chrome: Mana yang Terbaik?

Ketika ditanya manakah browser yang terbaik? Maka si “A” akan menjawab “firefox” lalu si “B” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *