Home / Hikmah / Alam Semesta Bedasarkan Al-Quran

Alam Semesta Bedasarkan Al-Quran

Beberapa Ayat Al Qur’an tentang alam semesta dan isinya (masih banyak yang lainnya),

Ayat Tentang Alam Semesta

1. Tentang penciptaan alam semesta
QS, Al-an’aam 6: ayat 101, “Dialah pencipta langit dan bumi.”
QS, Adz-zariyaat 51: ayat47, “Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.”
QS, Al-anbiya 21: ayat 30, “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”
(benda2 angkasa memiliki orbit)
2. Tentang matahari dan bulan
QS, Al-anbiya 21:33, “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”

Terlalu banyak hal yang harus dibahas jika melihat kepada ayat-ayat tersebut. Mulai dari beredarnya bumi, tentang terjadinya hujan, hingga proses penciptaan manusia. Semua Allah sebutkan dalam kitab Sucinya Al-Quran yang diturunkan melalui malaikat Jibril dan disampaikan atau diajarkan oleh seorang Rasul yang buta huruf. Banyak orang yang berkata “al-quran itu karangan muhammad” kala itu padahal mereka tau sendiri Nabi Muhammad adalah seorang yang buta huruf. Lantas apa hubungannya dengan cosmic atau alam semesta?

Big Bang dan Tanda Dari Al-Quran

Anda tentusaja pernah mendengan teori ledakan besar atau dikenal dengan istilah Big Bang. Dalam teori tersebut mengatakan ledakan yang terjadi miliaran tahun yang lalu yang mengawali terbentuknya alam semesta. Big Bang mengawali semuanya mulai dari terbentuknya materi galaxi, planet  bahkan waktu. Mereka menyebutnya juka ledakan materi nol atau kosong. Dengan begitu sebenarnya para ilmuan tidak bisa menjelaskan apa-apa materi yang terkandung dalam titik tersebut hingga tiba-tiba meledak begitu saja. Dalam sebuah ayat mengatakan bahwa “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (Qs. Al-anbiya 21, ayat 30). Dan sekrang pada abad ke 20 para ilmuan membuat sebuah satelit yang membuktikan bahwa teori big bang adalah benar. Mereka beasumsi bahwa jika ledakan itu memang ada, maka harusnya ledakan tersebut masih memiliki bekas atau sisa-sisa dari ledakan tersbut. Dan benar saja, tak butuh waktu lama untuk satelit tersebut menemukan bekas ledakan tersebut. Temuan tersebut berupa sebuah gelombang mikroskop yang tersebar merata diseluruh alam semesta.

Lantas apa setalah itu sudah demikian saja? tidak masih ada yang lain kenyataan yang lebih mencengankan. Taukah apa itu? yaitu keseimbangan keseluruhannya bahkan para ilmuan mengatakan keseimbangan alam semesta itu sama dengan sebuah pensil yang dijatuuhkan secara vertikal dengan ujungnya yang memantul secara terus-menerus dengan tegak lurus selama miliaran tahun. Dalam sebuah ayat disebutkan [ad id=”2871″]“Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah.” (QS. Al-Mulk, 67: 3 – 4). Bahkan Allah menciptakan sebuah lapisan yang belakangan baru diketahui setelah ditemukannya gelombang radio, yang kita kenal dengan lapisan ionosfer.

Galaksi Mata Hitam (Black eye galaxy, M64/NGC 4826), galaksi spiral pada rasi bintang Coma Berenices, berjarak 24 juta tahun cahaya. http://hubblesite.org/newscenter/archive/releases/2004/04/image/a/
Galaksi Mata Hitam (Black eye galaxy, M64/NGC 4826), galaksi spiral pada rasi bintang Coma Berenices, berjarak 24 juta tahun cahaya.
http://hubblesite.org/newscenter/archive/releases/2004/04/image/a/

Tahukan Anda? dan camkan dalam fikiran anda, “alam semesta itu terlalu luas untuk ditempuh bahkan dengan 10x kecepatan cahaya sekalipun, namun Rasulullah hanya membutuhkan waktu sekejap untuk mencapai langit terjauh, lebih jauh dari yang kita tahu” Ya, itulah salah satu mu’jizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad s.a.w. Belum lagi bahasan tentang perputaran atau rotasi bumi dan benda langit lainnya seperti yang disebutkan pada sebuah ayat “Demi langit yang mempunyai jalan-jalan.” QS, Adz-zariyaat 51:7 . “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”  QS, Al-anbiya 21:33. Tahukah Anda? tidak hanya bumi dan bulan yang mengorbit, sebenarnya matahari juga mengorbit, sebenarnya kita dibawa matahari dengan kecepatan 220 KM/detik.

Maka apakah masih menemukan kesalahan atau kecacatan pada sebiah penciptaan Tuhan Allah s.w.t? OK tidak selalu mengarah ke alam semesta, coba lihat kedalam diri sendiri yang memiliki sistem alam semestanya sendiri yaitu sebuah sell yang diciptakan dengan tingkat kerumitan yang tidak mungkin diciptakan bahkan dengan teknologi paling mutahir sendiri. Jika Anda menulis semua data yang ada pada sebuah DNA makan buku yang dibutuhkan akan sama dengan 7 ensklopedia terbesar di dunia. Itu hanya sebuah DNA belum lagi sistem yang setelah DNA dan Anda bisa bayangkan berapa banyak sell yang ada dalam tubuh? Belum lagi sebuah pohon, hewan, yang mempunyai DNA nya sendiri.

Besi

Belum lagi masalah lain yang masih menjadi misteri, dan itu baru diketahui setelah abad moderen ini namun hal tersebut telah disampaikan ribuan tahun lalu oleh seorang Rasull yang buta huruf. Taukah apakah masalah itu? yaitu sebuah besi, ya besi yang namanya dijadikan salah satu nama dari ayat Al-Quran yang kita kenal dengan nama arabnya adalah Al-Hadid. “Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan/turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia (supaya mereka mempergunakan besi itu), dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Maha Perkasa.” QS. Al-Hadiid 57 : 25. Sekilas memang tidak ada yang special jika tidak mengetahuinya. Tahukah Anda besi hanya dapat diciptakan oleh sebuah bintang yang masanya harus lebih besar dari matahari. Matahari yang kita kenal selama ini tidaklah dapat menciptakan besi dalam inti reaksi nuklirnya. Besi hanya dapat dihasilkan dari bintang yang lebih masiv dari itu yaitu bintang yang gravitasinya lebih berat dari bintangnya sendiri sehingga bintang tersebut tenggelam dalam gravitasinya sendiri hingga menjadi ledakan atau akan menjadi lubang hitam. Lalu mengapa besi itu bisa sampai ke bumi? Yaitu melalui proses jatuhnya meteor ke bumi seperti yang kita tau, sabuk meteorid yang ada pada sistem tata surya kita banyak didalamnya terdapat besi.

Kesimpulan

Lalu sekarang tunggu apalagi? Segeralah kembali kejalan yang benar, jangan sampai dibutakan oleh dunia yang sedemikian fana atau hanya dusta ini. Saya selaku penulis artikel ini mengingatkan kepada diri sendiri dan juga para pembaca sekalian. Lantas jika setelah membaca semua keajaiban ini masihkah Anda durhaka kepada Sang Pencipta? Allah itu luar biasa sabar, baik, dan lain sebagainya, bahkan seekor semut kecil dalam lubangnyapun diberi makan. Bahkan seorang yang durhaka bahkan menantan agamanya tetap diberi makan atau rizki oleh-Nya. Ahirkata semoga artikel ini bermanfaat.

Nb. Semua gambar yang ada pada post ini memiliki standar hak cipta bebas diedarkan dan berhakcipta.

About alfarizy

Berjuang, berjuang, berjuang sekuat tenaga, Tetapi jangan lupa, perjuangan harus dengan disertai do'a.

Check Also

Tentang Zakat Fitri Atau Zakat Fitrah

Zakat Fitri, atau yang lazim disebut zakat fitrah Telah menjadi kewajiban atas kaum muslimin untuk …

3 comments

  1. Nice post bro!! Keep on it!

  2. Masyaallah Makasih infonya bro jadi lebih tau..

  3. Masyaallah Nice Infonya Jangan Lupa Visit Back my Blog 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *